Meta Analisis Model Pembelajaran Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Ayu Febriyanti Universitas Nahdlatul Ulama Lampung Author
  • Rima Agustin Universitas Nahdlatul Ulama Lampung Author

Keywords:

Cooperative Learning, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Model pembelajaran Kooperative Learning merupakan pembelajaran yang melibatkan siswa belajar dalam suatu kelompok kecil yang heterogen, Adapun penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besar pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif terhadap pembelajaran Matematika. Metode yang digunakan adalah meta-analisis yaitu analisis hasil penelitian yang telah dipublikasikan secara nasional yang berkaitan dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif terhadap pembelajaran Matematika. Dari 10 jurnal mengenai pembelajaran kooperatif dianalisis lebih lanjut yang telah terakreditasi sinta 1 sampai 3 yang diterbitkan pada rentang tahun 2016-2024 pada jenjang SMP, yang membahas tentang penelitian dengan model pembelajaran kooperatif terhadap pembelajaran Matematika. Berdasarkan analisis yang dilakukan besar pengaruh pembelajaran Cooperative Learing terhadap hasil belajar matematika dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Temuan analisis juga menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif memberikan pengaruh dan efektif pada jenjang SD, SMP dan SMA pada wilayah Jawa, Sumatra dan Nusa Tenggara Barat. Model pembelajaran Kooperative Learing pada artikel yang telah di analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran ini lebih efektif digunakan dibandingkan dengan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran kooperative learning dengan pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

Downloads

Published

2024-07-31

Issue

Section

Articles