Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC)
Keywords:
Bangun Datar, Hasil Belajar, Model Pembelajaran CIRCAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Hargomulyo dengan menggunakan model pembelajaran Ccooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 2 Hargomulyo yang berjumlah 29 siswa. Penelitian dilakukan selama 2 siklus yang pada setiap siklusnya memiliki empat komponen didalamnya yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) dapat menigkatkan kemampuan kognitif siswa kelas IV di SD Negeri 2 Hargomulyo. Hal ini terbukti dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II. Pada siklus I rata-rata yang dihasilkan yaitu 64,48 dengan rincian 12 siswa atau 41% siswa mencapai ketuntasan belajar, tetapi terdapat 17 siswa 59% siswa yang belum mengalami peningkatan belajar. Rata-rata 64,48 belum memenuhi target 75% dan penelitian dilanjut ke siklus II. Hasil pada siklus II cukup memuaskan rata-rata 73,79 dengan rincian 22 atau 76% siswa mencapai ketuntasan belajaran dan 7 atau 24% siswa belum mengalami peningkatan belajar. Karena sudah mencapai target yang ditentukan sebelumnya 75% dan hasil yang dicapai 76% maka penelitian ini berhenti pada siklus II.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.