Analisis kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Siswa Kelas VIII SMP Asshiddiqiyah 09 Putra Buyut
Keywords:
konsep matematis, pemahaman konsep, teorema PythagorasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Asshiddiqiyah 09 Putra Buyut. Adapun jenis metodeĀ penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 30 orang siswa kelas VIII SMP Asshiddiqiyah 09 Putra Buyut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika pada soal materi teorema Pythagoras mampu memahami maksud soal dengan sangat baik dan mampu menjabarkan jawaban dengan tepat serta memenuhi 5 indikator kemampuan pemahaman konsep matematis yang digunakan peneliti. Selanjutnya untuk siswa yang memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis sedang dalam menyelesaikan masalah matematika pada soal materi teorema Pythagoras sudah baik dalam memahami maksud dari soal tes tetapi masih kurang mampu dalam menjabarkan jawaban dari soal tes tersebut serta sudah cukup faham terhadap 5 indikator kemampuan pemahaman konsep matematis tetapi masih kurang aktif dalam bertanya terhadap materi yang belum difahami. Dan untuk siswa yang memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis rendah dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi teorema Pythagoras masih sangat kurang karena siswa yang kurang aktif dalam proses pembelajaran.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.